Karyawan 7-Eleven di-PHK?, Ini Kata Menaker

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada sektor ritel kembali menjadi ancaman bagi pemerintah Indonesia. Saat ini, PHK telah dilakukan oleh gerai ritel modern 7-Eleven (Sevel) yang tutup pada akhir bulan Juni lalu. Hal ini pun juga turut menjadi perhatian dari pemerintah. 

Menurut Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, ancaman PHK ini nantinya akan dilihat hingga ke beberapa daerah secara terperinci. "Sevel sudah, nanti aku cek lagi," kata Hanif Dhakiri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/7/2017). 

Koordinasi nantinya akan dilakukan dengan pemerintahan daerah. Diharapkan, persoalan ini dapat segera ditangani oleh pemerintah sebelum adanya PHK besar-besaran pada sektor ritel. "(PHK sektor ritel) sejauh ini belum. Tapi kita langsung cek semua. Saya lagi koordinasi dengan beberapa dinas tenaga kerja untuk mengecek, memverifikasi beberapa isu ya muncul, termasuk yang retail itu," ujarnya. 

Pemerintah saat ini juga masih akan terus menyelesaikan persoalan PHK dari 7-Eleven. Salah satunya adalah terkait dengan tunjangan hari raya bagi karyawan yang terkena PHK. "Sedang ditangani‎," ungkapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI