Kasum TNI : Mahasiswa Bagian Penting Komponen Pertahanan

SURABAYA, KRJOGJA.com – Lima belas atau dua puluh  tahun yang akan datang, mahasiswa menjadi bagian penting dalam komponen pertahanan, karena mahasiswa sebagai civil society akan mengambil peranan untuk mempertahankan, mempersatukan dan mempererat jati diri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
Hal tersebut dikatakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P saat memberikan pembekalan dihadapan 636 peserta Pelayaran Kebangsaan Bela Negara (PKBN) di atas KRI Banjarmasin592 di Dermaga Madura Tengah Armatim Ujung, Surabaya, Rabu (20/12/2017).
 
Kasum TNI menyampaikan bahwa mahasiswa harus menjadi generasi penerus bangsa yang mampu mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah yang pro rakyat. Selain itu, mahasiswa harus bisa berperan dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia baik masalah ekonomi, sosial dan pendidikan melalui kajian-kajian dan penelitian berdasarkan nilai-nilai akademis.  "Gunakan keunggulan idealisme kalian untuk hal-hal yang positif serta mengeliminir hal-hal negatif,” tegasnya.
 
Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan mengingatkan agar mahasiswa jangan memanfaatkan masyarakat yang pendidikan rendah untuk kepentingan tertentu, tapi justru harus diangkat supaya mereka memiliki pengetahuan yang seimbang guna peningkatan kesejahteraan di masyarakat.
 
“Kalau nanti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di pedesaan, kalian akan berinteraksi dengan masyarakat, maka kalian akan  merasakan bagaimana sulitnya berhadapan dengan masyarakat yang cenderung menganut dan memegang teguh nilai-nilai tradisional,” ujar Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan. (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI