Kasus Covid-19 Melonjak, Airlangga Pastikan BOR Maupun Isolasi Aman

JAKARTA – Kasus Covid-19 di Tanah Air terus melonjak salah satunya akibat sub varian baru BA.4 dan BA.5. Meski begitu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan bahwa bed occupancy rate (BOR) maupun tempat-tempat isolasi saat ini masih memadai.

“BOR maupun isolasi masih dalam tingkat memadai,” tegas Airlangga dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/7/2022).

Saat ini, positif Covid-19 harian tembus angka 3.393 kasus. Sementara itu, kasus aktif Covid-19 kini mencapai 28.506 orang yang saat ini dirawat maupun diisolasi.

Oleh karena itu, Airlangga menegaskan dari hasil evaluasi mingguan bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk penanganan Covid-19 masih terus dijalankan. Saat ini, PPKM dilaksanakan hingga akhir Juli 2022 mendatang.

“Dari hasil evaluasi, seluruhnya di luar Jawa-Bali PPKM nya masih level 1 seperti yang telah kita putuskan sampai akhir bulan ini. Dan yang di level 2 hanya di Sorong Papua Barat,” paparnya.

Apalagi, kenaikan kasus Covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga di sejumlah negara lain bahkan di negara tetangga yakni Singapura.

“Beberapa negara mengalami peningkatan kasus yang cukup tinggi antara lain di Amerika seven days moving average-nya 134.000 kasus, Australia 40.000 kasus, India 18 ribuan, Perancis 90 ribuan, Singapura 9 ribuan, dan Indonesia 3.240,” kata Airlangga.

 

BERITA REKOMENDASI