Kasus Haryadi Suyuti, KPK Amankan Dokumen Perizinan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan dan mengamankan berbagai dokumen permohonan perizinan, setelah Tim Penyidik KPK melakukan upaya penggeledahan secara paksa di rumah kediaman tersangka pemberi suap, Oon Nusihono (ON), di Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Penggeledahan, kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, terkait kasus dugaan suap pengurusan perizinan di Pemkot Yogyakarta dengan salah satu tersangka mantan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti (HS).

“Dalam penggeledahan di rumah kediaman tersangka ON selaku Vice President Real Estate PT SA Tbk, ditemukan dan diamankan berbagai dokumen permohonan perizinan yang diduga terkait dengan perkara,” tutur Ali di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Dokumen tersebut, menurutnya, segera disita dan dianalisis oleh Tim Penyidik KPK untuk dikonfirmasi kepada para saksi dan tersangka. Pada Jumat (3/6/2022) KPK telah menetapkan Haryadi Suyuti, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Yogyakarta Nurwidhihartana (NWH), dan Triyanto Budi Yuwono (TBY) selaku sekretaris pribadi merangkap ajudan Haryadi sebagai tersangka.

Penetapan status tersebut, menurut KPK, karena para tersangka diduga menerima suap dalam kasus tersebut. Sedangkan tersangka ON diduga sebagai pemberi suap.

BERITA REKOMENDASI