KBRI Uzbekistan-Perpusnas Adakan Diskusi Film Dokumenter

JAKARTA,KRJOGJA.com – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Uzbekistan untuk Republik Indonesia menyelenggarakan pemutaran perdana dan diskusi film berjudul “Avicenna: Light from the East”.

Film dokumenter-naratif yang disutradarai oleh Shuxrat Mahmudov ini berkisah mengenai kehidupan Avicenna atau Ibnu Sina dan karya briliannya. Abu Ali al-Husain Ibn Abdallah Ibn Sina (Ibnu Sina) yang dikenal dengan nama latin Avicenna adalah salah satu filsuf, ilmuwan, dan humanis terbesar sepanjang masa. Kontribusinya terhadap pengembangan ilmu kedokteran, filsafat, matematika, astronomi, kimia, puisi, dan musik melampaui zaman sebagai warisan yang kuat.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando menyatakan Ibnu Sina merupakan sosok inspiratif yang mengabdikan diri untuk pengembangan ilmu pengetahuan selama hidupnya. Hingga saat ini, karya Ibnu Sina masih dipergunakan di dunia medis yakni Kitab Penyembuhan (The Book of Healing) dan Kaidah Kedokteran (The Canon of Medicine) yang merupakan ensiklopedia ilmiah dan filosofis karya magnus opus Ibnu Sina.

BERITA REKOMENDASI