Kebangkitan Inovasi Nasional, Kemendikbud Dukung Kemerdekaan Perguruan Tinggi Untuk Berkarya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2020 yang mengangkat tema “Kebangkitan Inovasi Indonesia”, Presiden Joko Widodo melalui telekonferensi meluncurkan sembilan produk inovasi yang akan digunakan untuk mempercepat penanganan penyebaran Covid-19 di Jakarta, pada Rabu (20/5).

Presiden mengungkapkan rasa bangganya terhadap anak-anak bangsa yang mampu menghasilkan berbagai karya inovasi dalam menghadapi penyebaran Covid-19 di Indonesia, di antaranya rapid test kit, PCR test kit, emergency ventilator, mobile lab biosafety level 2 (BSL-2), imunomodulator, dan artificial intelligence untuk mendeteksi Covid-19.

“Dari yang saya lihat kemarin saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan dan kita hanya impor, sekarang ini kita bisa mandiri. Sekarang kita bisa memproduksinya sendiri dan lebih dari itu kita juga harus mampu menghasilkan vaksin sendiri,” ujar Presiden.

Atas keberhasilan ini, Presiden berharap agar karya-karya yang sudah dihasilkan tidak hanya berhenti di laboratorium melainkan harus dilanjutkan agar bisa diproduksi secara massal agar bisa memenuhi kebutuhan domestik maupun diekspor ke mancanegara. Oleh karena itu harus ada kerja sama antara lembaga penelitian, perguruan tinggi, dunia usaha dunia industri (DUDI), dan masyarakat.

BERITA REKOMENDASI