Keberadaan Bendungan Diharap Sejahterakan Petani

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap petani dapat semakin sejahtera. Keberadaan bendungan sangat penting artinya untuk mendukung ketahanan pangan. Dari bendungan pasokan air akan terjaga untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat.

"Petani bisa lebih sejahtera, usaha kecil juga bisa tumbuh di kanan kiri bendung ini," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Kamijoro di Kulonprogo, Selasa (31/12/2019).

Keberadaan bendungan juga diharapkan mampu mengangkat perekonomian warga di sekitarnya. Banyak potensi yang dapat digali dari bendungan, diantaranya sektor wisata.

"Kita harapkan, pendapatan masyarakat meningkat karena banyak wisatawan yang datang ke sini," tambahnya.

Bendung Kamijoro dibangun di aliran Sungai Progo dari 2016 hingga 2018. Bendungan ini mampu memberi manfaat irigasi seluas 2.370 hektare (ha) lahan pertanian dan mengerek intensitas tanam dari 205 persen menjadi 270 persen.

Selain itu, Bendungan Kamijoro juga bermanfaat untuk ketersediaan air baku, baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta, juga untuk Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo dan juga nantinya bisa juga sampai ke Kota Yogyakarta. (*)

BERITA REKOMENDASI