Keberadaan Dokter Spesialis di Luar Jawa Masih Minim

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden Ma’ruf meminta agar para anggota IDI bisa membantu memperbaiki distribusi dokter spesialis untuk rumah sakit di luar Pulau Jawa. Ia mengatakan keberadaan dokter spesialis di luar Jawa masih minim. Menurutnya, masih banyaknya mahasiswa kedokteran spesialis setelah lulus kuliah malah memilih bekerja di kota-kota besar.

“Bila hal ini terus terjadi maka capaian indikator kesehatan kita akan makin sulit mengejar ketertinggalan dari negara sekitar,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf pun ingin IDI memikirkan dan memberikan solusi kepada pemerintah agar dapat memperbaiki distribusi dokter umum di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau Puskesmas. “Karena Puskesmas sebagai garda terdepan yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di wilayahnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan vaksinasi Covid-19 untuk seluruh masyarakat gratis. Menurutnya, setidaknya 70 persen warga Indonesia harus disuntik vaksin Covid-19 agar tercipta kekebalan populasi atau herd immunity.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan pemberian vaksin akan dimulai Januari 2021. “Minimal kurang lebih 67 persen, 70 persen penduduk harus divaksin. Artinya, 182 juta yang harus divaksin,” kata Jokowi. (*)

BERITA REKOMENDASI