Keberangkatan Haji Dibatalkan, Bagaimana Nasib Dana Jamaah?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan membatalkan keberangkatan haji asal Indonesia akibat belum ada akses dari pemerintah Arab Saudi di tengah pandemi Covid-19 hingga saat ini. Lalu, bagaimana nasib dana calon jamaah yang telah melunasi setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH)?

Menteri Agama Fahrul Razi memastikan dana calon jamaah akan disimpan dan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Pelunasan BIPIH Tahun 2020 ini menjadi bukti setoran untuk keberangkatan penyelenggaraa ibadah haji pada tahun 2021. Bahkan, kemanfaatan dana itu akan dikembalikan kepada setiap calon jamaah selambatnya 30 hari sebelum keberangkatan.

“Jamaah juga bisa meminta kembali dana yang sudah disetorkan dan akan dibuat mekanismenya dengan mudah. Kemenag juga akan menggandeng pemda dalam proses pengembaliannya. Bagi calon haji yang tidak menarik dana yang sudah disetorkan bila ada kenaikan, maka setoran BIPIH-nya di tahun 2021 tinggal menyesuaikan setorannya. Begitu juga sebaliknya,” ungkap Menag.

BERITA REKOMENDASI