Kebijakan Penenggelaman Kapal Bakal Dipertahankan?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Susi Pudjiastuti menjadi salah satau menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan gebrapakan pada sektor kelautan dan perikanan‎, lalu kebijakan apa yang perlu dipertahankan?

Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Maman Hermawan dalam keterangannya mengatakan, kebijakan Susi Pudjiastuti yang perlu dipertahankan adalah terkait dengan keberlanjutan sumber daya perikanan, dengan mangacu pada kode etik perikanan bertanggung jawab atau Code of Conduct for Responsible Fisheriesl (CCRF) 1995 yang di terbikan organisasi pengan dunia FAO.

‎"Bu Susi banyak gebrakan, secara rill mengaplikasikan CCRF 1995 tentang bagaimana keberlanjutan sumber daya," kata Maman, Selasa (22/10/2019).

Maman melanjutkan, implementasi dari kebijakan tersebut dengan memberantas kapal asing yang melakukan pencurian ikan di laut Indonesia, hal ini yang perlu dipertahankan pemerintah dalam periode berikutnya.

"Saya kira dalam hal-hal begitu luar biasa ini kedepan perlu dipertahankan, apa yang dilakukan bu menteri dalam hal pemberantasan IUU Fishing," tuturnya.

Menurut Maman, kebijakan Susi Pudjiastuti tersebut diakui dan ditiru negara lain, mesiki dia mengakui masih ada kekurangan ketika Susi menjabat sebagai menteri.

"Itu diikuti negara lain, memang ada negara jadi korban. Tapi mereka mengakui, saya kira sangat positif lah dibawah Bu Susi, memang ada kekurangan tapi baiklah," tandasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI