Kebutuhan Bongkar Bangunan Korban Gempa Terpenuhi

Editor: KRjogja/Gus

LOMBOK, KRjogja.com – Bantuan logistik, peralatan pertukangan hingga buku tulis dan cerita anak terus didistribusikan kepada warga korban gempa di Lombok. Selain datang langsung ambil bantuan di Posko Kemanusiaan Kedaulatan Rakyat (KR) untuk Gempa Lombok di Perumahan Royal Kenari, Sekarbela Mataram, bantuan para pembaca KR juga disampaikan ke lokasi korban gempa melalui kerjasama dengan relawan maupun diserahkan langsung ke korban gempa.

“Artco, linggis, palu sangat dibutuhkan. Bangunan yang sudah rusak berat, harus dihancurkan dan diratakan dengan tanah. Untuk selanjutnya dibangun kembali saat dana bantuan pemerintah datang,” ujar Muhibri warga Desa Dopang Kecamatan Gunungsari Lombok Barat yang rumahnya bancur akibat gempa.

Ia bersama korban gempa lainnya mendatangi Posko Kedaulatan Rakyat, Selasa (4/9) malam untuk dapat memperoleh peralatan yang dibutuhkan. Palu dan linggis digunakan untuk membongkar dan menghancurkan bangunan. Hasil penghancuran kemudian diangkut dengan artco untuk dikumpulkan selanjutnya diangkut oleh petugas. Atau material yang hancur bisa dijadikan dasar bagi pembangunan kembali rumah.

Berita terkait: 

Kerjasama dengan JNE, Tiga Truk Angkut Bantuan Pembaca 'KR' ke Lombok
Diangkut JNE Ekspress, Langung Didistribusikan

Sebelumnya, KR telah mensurvey  sejumlah tempat di Gunungsari yang mengalami rusak parah. Rata-rata rumah rata dengan tanah. Kondisi menyedihkan sangat terlihat kegitu masuki rumah-rumah penduduk yang hancur.

Terkait kebutuhan korban gempa, meski memasuki tahap rehabilitasi sejauh ini warga masih membutuhkan terpal dan tenda. Diketahui bahkan ada satu tenda dihuni 4-6 kepala keluarga.

Sejauh ini, stok terpal dan tenda masih tersedia. Jumlahnya terus menyusut, karena sebagian telah disalurkan ke korban gempa. (Jon)

 

BERITA REKOMENDASI