Kediri Segera Miliki Bandara

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B Pramesti menyebut bahwa rencana pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur, ditargetkan groundbreaking pada 16 April 2020 mendatang.

"Pembebasan lahan sudah sedikit lagi, 98 persen (saat ini). Groundbreaking 16 April 2020 targetnya," ujarnya.

Berdasarkan paparan Polana, pemerintah sudah menemukan solusi terkait pembebasan sisa dua persen lahan. Selain itu, penetapan lokasi bandara juga hampir rampung hanya membutuhkan rekomendasi Gubernur terkait pembangunan bandara.

"Kuncinya adalah rekomendasi Gubernur untuk bandara sudah sesuai dengan RT/RW," tutur Polana usai rapat koordinasi terkait pembangunan Bandara Kediri.

Rakor tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura (Persero) 1 Faik Fahmi, dan Direktur Utama PT Surya Dhoho Investama (PT SDI) Susanto Widyatmoko.

Untuk langkah pembangunan selanjutnya, Polana menjelaskan akan dilakukan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). KPBU akan sepenuhnya melibatkan pihak swasta dalam sisi infrastruktur.

Kendati demikian, Polana belum bisa memastikan Bandara Kediri akan menjadi bandara internasional atau tidak. Pasalnya, Polana menyebut sudah terdapat Bandara Juanda di Surabaya, Jawa Timur. (*)

BERITA REKOMENDASI