Kejar Pembangunan SDM, Kemnaker Bangun 1.000 BLK

JAKARTA, KRJOGJA.com – Upaya untuk mengejar target program pembangunan SDM, pemerintah mulai meluncurkan program bantuan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahap I Tahun 2020 uang di dalamnya mencakup pembangunan 100 lembaga dari total target 1.000 lembaga.

“Saya titip kepada lembaga penerima bantuan BLK Komunitas tahap I, semoga ini menjadi langkah awal dalam komitmen nyata kita semua untuk turut serta berperan aktif dalam mempercepat peningkatan kompetensi SDM Indonesia,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, usai menyaksikan penantanganan Perjanjian Kerja Sama di Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Sebelumnya dalam peluncuran program ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Ditjen Binalattas Kementerian Ketenagakerjaan dengan 10 orang perwakilan penerima bantuan. BLK Komunitas adalah suatu unit atau fasilitas pelatihan vokasi yang didirikan di lembaga keagamaan seperti pondok pesantren, seminari, dhammasekha, pasraman, dan komunitas lainnya.

BLK ini berfungsi untuk menyelenggarakan pelatihan kompetensi/keahlian guna memberikan keterampilan kerja kepada siswa dan komunitas masyarakat di sektiar lembaga, sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau mendorong untuk berwirausaha. Ida menjelaskan, BLK Komunitas merupakan terobosan dari Presiden Joko Widodo sejak tahun 2017.

Terobosan ini bertujuan untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan dengan tambahan keterampilan atau hard skill. Pendirian BLK Komunitas adalah upaya meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas.

BERITA REKOMENDASI