Kelompok Radikal Bergerak di Kampus Ternama

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius menyatakan paham radikalisme sudah menyusup ke sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia. Ia pun meminta pengelola perguruan tinggi untuk semakin meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas mahasiswa, terutama organisasi kemahasiswaan yang bersifat eksklusif.

"Radikalisme bukan hanya karena kemiskinan, kebodohan, kekecewaan, ketidakadilan. Karena saat ini radikalisme sudah terpapar di kaum intelektual," katanya.

Mantan Kapolres Depok ini mengatakan pola perekrutan radikalisme sudah semakin canggih. Targetnya pun kini meluas, menyasar hingga ke kampus-kampus ternama di Indonesia, termasuk para mahasiswa berprestasi. Suhardi enggan menyebut nama kampus yang terindikasi telah disusupi kelompok radikal, meski demikian ia meminta pihak penyelenggara perguruan tinggi meningkatkan pengawasan agar paham radikal tidak semakin berkembang di lingkungan kampus.

Cara penyebaran paham radikal juga semakin canggih. Suhardi berkata, saat ini kelompok radikal memanfaatkan media sosial untuk melakukan propaganda dan indoktrinasi kepada masyarakat atau target tertentu. (*)

BERITA REKOMENDASI