Kelompok Tani Bentukan Satgas Yonif Raider 509 Kostrad Sukses di Puncak Jaya

Editor: KRjogja/Gus

PAPUA (KRjogja.com) – Selama melaksanakan tugasnya sebagai Satgas Pamrahwan Papua dan Papua Barat, Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509 Kostrad dibawah pimpinan Letkol Inf Beny Setiyanto selaku Komandan Batalyon (Danyon) sekaligus Komandan Satgas (Dansatgas) terus menggiatkan program dalam rangka mendukung Percepatan Pencapaian Swasembada Pangan di tanah Papua, sesuai dengan prioritas program pembangunan pemerintahan Presiden Joko Widodo 2014-2019. Dalam merealisasikannya, Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad telah meluncurkan berbagai program di bidang pertanian, mulai dari membagikan bibit tanaman, mengadakan penyuluhan mengenai teknik bercocok tanam sampai dengan membentuk kelompok-kelompok tani. Selain itu, Satgas Pamrahwan Yonif Raider 509 Kostrad telah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Puncak Jaya untuk pengadaan benih tanaman dan pupuk.

“Tidak hanya dengan Dinas Pertanian, kami juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Puncak Jaya untuk dapat memberikan penyuluhan pertanian kepada siswa sekolah di Kabupaten Puncak Jaya, dengan tujuan memberikan pembekalan teknik pertanian bagi siswa sejak dini, dan diharapkan dapat melahirkan kader-kader pertanian yang di masa mendatang akan menjadi motor dalam menggerakkan masyarakat dalam mensukseskan program Swasembada Pangan di Kabupaten Puncak Jaya,” tegas Dansatgas.
 
Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Puncak Jaya, Bapak Darson Wonda, S.Sos, “Selama ini, harga bahan pangan di Puncak Jaya masih sangat tinggi, hal ini terjadi dikarenakan kebanyakan bahan makanan segar masih harus dikirim dari wilayah lain dengan menggunakan angkutan udara”. Dimana biaya yang diperlukan untuk menyewa satu penerbangan pesawat kurang lebih 34 juta rupiah dengan kemampuan angkut barang maksimal hanya 1400 kg atau sekitar 25 ribu rupiah per kilonya. (*)

BERITA REKOMENDASI