Kembangkan Pendidikan Keguruan UNY Bersiap Jadi PTNBH

JAKARTA, KRJOGJA.com – Universitas Negri Yogyakarta (UNY) saat ini sedang menyiapkan diri menjadi Perguruan Tinggi Negri Berbadan Hukum (PTN BH) dan mengembangkan pendidikan keguruan.

Karena itu pemerintah mempunyai mandat utama dari pemerintah UNY  sebagai perguruan tinggi untuk mempersiapkan para guru meski diberi mandat lebih luas dalam pengembangan prodi umum. Demikian disampaikan Dirjen Dikti Kemdikbud Nizam di Jakarta,Kamis (28/1 2021) petang saat konpres daring.

‘Tetapi utamanya adalah keguruan dan saat ini karena kementerian juga sedang merevitalisasi dan ingin meningkatkan kualitas guru nasional sehinggal ini menjadi tugas dan mandat yang kita amanahkan kepada LPTK. Terutama UNY yang rektornya dilantik,” katanya Nizam.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan perguruan tinggi Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LTPK) punya mandat utama sebagai tempat pencetak guru-guru berkualitas. Namun, belakangan banyak LTPK mulai tak fokus menjalankan tanggungjawab utama tersebut.

“Kami ingatkan perguruan tinggi yang punya mandat untuk pengembangan LPTK, agar jadi fokus, jangan sampai beralih ke sana ke sini,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam .

 

BERITA REKOMENDASI