Kemdikbud Larang Ospek Mahasiswa Baru 2020

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melarang OSPEK ke mahasiswa baru dengan ‘nyata’. Semua pelaksanaan  orientasi mahasiswa baru atau yang biasa dikenal dengan Ospek digelar secara daring atau online.

“Untuk orientasi mahasiswa baru semuanya basisnya daring. Tidak ada pertemuan fisik apalagi perploncoan, itu tidak boleh di semuanya. Semua dilaksanakan secara daring,” kata Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam ,kepada pers secara daring,Rabu (24/6 2020) malam

Nizam mengatakan Kemendikbud telah membuat panduan pelaksanaan orientasi mahasiswa baru secara daring. Panduan itu telah diedarkan kepada kampus-kampus sejak tiga pekan yang lalu.

Dalam panduan itu berisi pengenalan mahasiswa terhadap kampus dan segala hal yang berkaitan dengan kampus serta cara-cara mengembangkan diri di kampus.

“Yang pada dasarnya pengenalan kampus, pengenalan kehidupan kampus, organisasi kampus, kegiatan di kampus,” ungkap Nizam.

Selain itu terdapat panduan meraih kesuksesan, tata krama, etika bergaul, hingga cara menghindari perundungan selama di kampus. Kemendikbud akan memberikan modul-modul pembekalan untuk mahasiswa baru secara daring.

” Sudah kita keluarkan penyambutan mahasiswa baru semester depan. 2,3 minggu yang lali sudah kita keluarkan panduannya. Yang pada dasarnya pengenalan kampus, pengenalan kehidupan kampus organisasi kampus kegiatan di kampus. Cara belajar di PT, kunci sukses di PT, mengembangkan diri, menjadi manusia dewasa yang mandiri dan hal-hal tata krama di kampus ” tegas Nizam.

Etika bergaul dengan mahasiswa di kampus, menghindari perundungan. Itu sudah kita siapkan fan semuanya basisnua daring.

Tidak ada pertemuan fisik apalagi perploncoan. Itu tidak boleh di semuanya dilaksanakan secara daring. Didorong untuk membangun kreativitas dari. Yang dilakukan secara daring malah bisa dilakukan malah kolabirasi antar perguruan tinggi seperri pembelajatam daring kita dorong kolaborasi pwrguruan tinggi.tegasnya.

Sekali lagi untik orientasi mahasiswa baru itu tidak boleh ada orientasi fisik, aemua dilakukan dengan daring. Kunci sukses dari oerguruan tinggi kita berikan melalui modul secara daring.(ati)

BERITA REKOMENDASI