Kemdikbud Siapkan Skenario Belajar dari Rumah Hingga Akhir 2020, Begini Selengkapnya

PEMERINTAH melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyiapkan beberapa skenario terkait perpanjangan Belajar Dari Rumah sampai akhir tahun 2020 akibat mewabahnya covid-19.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Muhammad Hamid menjelaskan hal ini sebagai antisipasi wabah virus corona (Covid-19) yang sedang pandemi. “Saya sampaikan. Skenario BDR (Belajar dari Rumah) akan terus berlangsung sampai pemerintah mencabut keadaan darurat Covid-19 ” tegasnya.

Dia menjelaskan skenario pertama adalah jika covid-19 berakhir akhir Juni, maka siswa masuk sekolah tahun pelajaran baru minggu ke 3 Juli 2020. Sedangkan skenario 2: Jika covid berlangsung sampai September, siswa BDR sampai September 2020. Selebihnya masuk sekolah skenario 3: Jika covid sampai akhir tahun, maka semua siswa BDR selama satu semester penuh.

Tahun Ajaran Baru

Jika kegiatan belajar mengajar di rumah diperpanjang hingga akhir tahun, maka harus ada penyesuaian kembali berkenaan dengan tahun ajaran baru. Kemendikbud akan membuat penyesuaian agar tiap sekolah dapat menjalankan KBM di masa tahun ajaran baru.

Mengacu pada kalender pendidikan, Tahun Ajaran 2020/2021 mulai pada Juli 2020 sampai Juni 2021 setelah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) usai dilaksanakan.

Menurut Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020, dinas pendidikan dan sekolah harus menyiapkan PPDB di wilayahnya yang mengikuti protokol kesehatan. Orang tua dan siswa tidak boleh berkumpul secara fisik di sekolah. Dengan kata lain PPDB dianjurkan dilakukan daring.

BERITA REKOMENDASI