Kemenag-Kemendikbud Bahas RUU Pesantren

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, Kementerian Agama  (Kemenag) melakukan kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan (Kemdikbud) terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren. 

"RUU Pesantren nanti akan berkolaborasi dengan Dikbud, rancangannya masih direncanakan," demikian disampaikan Menag Fachrul Razi  di kantor Kemenag, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Menurutnya, untuk saat ini belum ada ide bersama dari kedua belah pihak. Kendati demikian, Menag  menyebut komunikasi untuk pembahasan RUU Pesantren sudah dilakukan.

"Paling tidak komunikasi tetap dijaga, ini juga terkait, kita juga banyak mengawasi banyak bidang pendidikan, kita juga punya sekolah. Ribuan pendidikan Islam, nanti kita bertukar pikiran," jelasnya.

Lebih lanjut, Menag menuturkan  hingga saat ini belum ada izin khusus bagi pendirian pesantren. Namun, ke depan akan ada pembahasan soal managemen pesantren turunan dari Bank Dunia.

"Nanti akan dicoba dari kelas 4. Karena dari kelas 4 itu kita akan ketahui titik kelemahannya (pendidikan), pengajarnya, kurikulumnya. Tapi itu gak ada terkait dengan masalah radikal, tapi lebih ke masalah pendidikan agama," ujar Menag .(ati)

BERITA REKOMENDASI