Kemenag RI Rekrut Petugas Haji Pusat 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak 270 peserta dari berbagai institusi, mulai TNI, Polri hingga perwakilan media seluruh Indonesia mengikuti Seleksi Petugas Haji Tingkat Pusat Tahun 2018 yang digelar Kementrian Agama RI di Gedung Serbaguna (SB) 2 Asrama Haji Pondok Gede, Pinang Ranti, Jakarta Timur, Selasa (24/4/2018).

"Rangkaian seleksi ini sebagai upaya untuk memenuhi rekrutmen petugas haji yang berkualitas, memiliki komitmen serta integritas seperti yang diamanatkan UU Haji," tutur Direktur Bina Haji Kemenag RI, Dr Khoirizi sela acara.

Ditambahkan, nantinya peserta yang lolos seleksi akan ditempatkan sebagai PPIH Arab Saudi. Seleksi ini juga menjadi rangkaian kegiatan untuk menyiapkan petugas yang akan mendampingi jamaah selama menjalankan ibadah haji.

"Kami terapkan asas keadilan, profesionalitas dan akuntabilitas dalam proses rekrutmen ini," imbuhnya.

Proses seleksi ini juga menjadi bagian kecil dari rangkaian panjang untuk mencapai tujuan yang jelas. Sebab komitmen utama yang diemban yakni menyangkut misi pembinaan, pelayanan dan perlindungan bagi jamaah haji.

"Petugas nantinya bukan semata untuk melakukan ibadah haji. Tapi harus pula mampu mengemban tugas berat dan tantangan nyata. Sebab 60 persen jamaah haji Indonesia pada 2018 ini berusia lanjut," jelasnya.

Proses seleksi sendiri menggunakan sistem CAT dilanjutkan tes wawancara dan praktik. (Feb)

 

BERITA REKOMENDASI