Kemenag Siapkan Pengajar Penyuluh Sertifikasi Kawin

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid menyatakan tengah menyiapkan pengajaran bagi para penyuluh dari Kantor Urusan Agama (KUA) menyusul rencana sertifikasi kawin tahun depan.

Gagasan soal sertifikasi kawin ini sebelumnya disampaikan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy yang bakal mewajibkan bagi calon pengantin mulai tahun 2020.

"Kami belum (bicarakan dengan menko PMK). Tapi kami sudah siapkan untuk itu, bahkan besok kami menyelenggarakan pendidikan bagi tenaga-tenaga KUA untuk follow up gagasan itu,"ujar Zainut.

Selama ini, lanjut Zainut, Kemenag telah memiliki program bimbingan perkawinan. Program ini juga menggunakan metode penyuluhan dari para petugas KUA.

Adapun, pihaknya bakal mengkaji lebih lanjut rencana sertifikasi kawin itu agar tak tumpang tindih dengan program bimbingan perkawinan yang telah berjalan dari Kemenag.

"Kami tegaskan nanti karena belum ada pembicaraan dengan Menteri PMK. Prinsipnya kami dukung program itu untuk mengurangi angka perceraian, KDRT, dan sebagainya," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI