Kemendikbud Luncurkan 7 Program Kemitraan Pendidikan Tinggi Vokasi dan Industri

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) resmi meluncurkan tujuh Program Kemitraan Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV) dengan Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (IDUKA) Tahun 2020. Program ini merupakan inisiasi Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dalam rangka membangun (SDM) nasional yang berbasis pada kemitraan berkelanjutan antara Pendidikan Tinggi Vokasi dengan IDUKA.

Ketujuh program yang diluncurkan pada hari ini difokuskan pada penguatan kemitraan serta penyelarasan antara pendidikan vokasi dengan industri, yakni dengan memberikan ruang-ruang interaksi antara PTV dengan IDUKA, serta menunjukkan peran dan fungsi pendidikan vokasi dalam membangun daya saing bangsa. Adapun ketujuh program yang diluncurkan pada tahun 2020, meliputi:

1. Program Kemitraan Pendidikan Tinggi Vokasi dengan IDU,

2. Program Pengembangan Penilaian Mutu Pendidikan tinggi Vokasi Berstandar IDUKA
3. Program Penguatan dan Pengembangkan Pusat Karier di Perguruan Tinggi Vokasi
4. Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi dalam Melaksanakan Rekognisi Pembelajaran Lampau di Bidang Prioritas
5. Program Penguatan Humas Kemitraan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja
6. Program Penyelarasan Kurikulum dan Sarana Prasarana Pendidikan Vokasi dengan IDUKA
7. Program Kampus Pendamping Kemitraan

“Hari ini Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dit. Mitras DUDI) meluncurkan tujuh program kemitraan, namun secara keseluruhan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi memiliki sekitar 40 program dengan alokasi anggaran mencapai Rp3,5 triliun,” tutur Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto pada Webinar Praktik Baik Vokasi dan Industri, Senin (10/8).

BERITA REKOMENDASI