Kemendikbud Susun Buku Bahasa Indonesia Laras Jurnalistik

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, E Aminudin Aziz di Jakarta mengatakan Kemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyusun buku Bahasa Indonesia laras jurnalistik bagi insan media.

“Buku bahasa Indonesia laras jurnalistik tersebut diharapkan dapat menjadi pedoman bagi media dalam mengimplementasikan pekerjaannya sehari – hari sehingga bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Saat ini baru pada tahap konsep dan dalam waktu dekat akan menjadi buku,” kata Aminudin .

Pada kesempatan yang sama, pakar bahasa Indonesia Abdul Gaffar Ruskan menjelaskan bahwa bahasa jurnalistik memiliki ragam sendiri sesuai dengan keilmuannya. “Bahasa yang digunakan dalam karya jurnalistik berbeda dengan bahasa yang digunakan sehari-hari maupun di kalangan akademik,” kata Abdul.

Namun dalam menjalankan kegiatan sehari – harinya, menurut Abdul, para jurnalis terkadang masih mengabaikan kaidah bahasa Indonesia yang benar sehingga membawa pengaruh terhadap para pembaca bahkan penonton yang menyaksikan.

BERITA REKOMENDASI