Kemenhub Adakan Pelatihan Peningkatan Aeronautical Pilot Ab Initio

JAKARTA.KRJOGJA.com – Penyerapan pilot Ab Initio (pilot pemula) pada industri penerbangan di Tanah Air masih sangat rendah. Menyikapi persoalan ini, Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan Udara Kemenhub menggelar kegiatan Upgrading Training Aeronautical Knowledge atau peningkatan pelatihan pengetahuan aeronautika bagi para pilot pemula.

Acara Upgrading Training Aeronotical Knowledge pilot Ab Initio dibuka oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Rabu (24/01/2018). Pada acara yang dilaksanakan selama dua hari (24-25 Januari 2018) ini juga diundang para direktur maskapai penerbangan untuk berperan aktif dan berkontribusi dalam penyerapan Sumber Daya Manusia berkompetensi pilot Ab Initio.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, kegiatan peningkatan pelatihan para pilot pemula tersebut merupakan inisiasi untuk menyelesaikan masalah penyerapan pilot Ab Initio di maskapai penerbangan Indonesia. Menurutnya ada rantai yang terputus (missing link) antara keinginan para pilot dan maskapai penerbangan dengan sekolah pilot sebagai pencetak pilot Ab Initio.

"Kami prihatin dengan hal tersebut. Namun Kementerian Perhubungan tidak akan tinggal diam. Kami akan mengajak semua pihak untuk melakukan koreksi diri (self correction), memperbaiki dan menyambung missing link tersebut untuk menyelesaikan masalah di masa depan,” kata Menhub.

Menhub berharap agar semua pilot Ab Initio yang hadir pada upgrading training ini mempersiapkan diri untuk mengikuti proses seleksi di maskapai penerbangan dan dengan penuh keyakinan. “Saya yakin para pilot ini mampu mengikuti pelatihn dan lulus pada seleksi,” ujarnya.

Budi Karya Sumadi juga  mengimbau kepada sekolah penerbangan untuk  mematuhi ketentuan regulasi yang berlaku dan meningkatkan kualitas instruktur, syllabus, fasilitas training. Mereka juga diminta untuk meningkatkan kualitas manajemen yang baik sehingga menghasilkan lulusan berkualitas sesuai dengan standar maskapai penerbangan dalam negeri dan asing. 

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso menambahkan,  penyelenggaraan Upgrading Training Aeronautical Knowledge kepada para Pilot Ab Initio ini merupakan salah satu tindak lanjut program optimalisasi penyerapan pilot pemula pada pertemuan sebelumnya di bulan November 2017 lalu. Pengumuman dan registrasi program ini melalui pendaftaran portal online di www.learning.dkppu.id,   termasuk untuk sharing materi dan questionnaires bank yang bisa langsung diakses oleh para Ab Initio. 

Pilot Ab Initio yang telah melakukan registrasi untuk mengikuti Upgrading Training Aeronautical Knowledge berjumlah sekitar 350 orang, lulusan dari beberapa sekolah penerbang. Di antaranya Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (BP3B), Deraya Flying School, Perkasa Flying School, Deraya Flying School, dan lainnya. 

Agus berharap pelaksanaan upgrading training ini bisa dimanfaatkan oleh para pilot Ab Initio untuk meningkatkan dan menyegarkan kembali pengetahuan mereka. Dengan demikian, mereka memiliki kompetensi sesuai standar internaional maupun yang dipersyaratkan maskapai dalam negeri maupun asing. (Imd)

 

BERITA REKOMENDASI