Kemenhub Pastikan Seluruh Pesawat LayaK Terbang

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan menyebut hasil uji kelaikan (ramp check) yang dilakukan jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 menunjukkan seluruh pesawat di sejumlah bandara laik terbang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana Pramesti mengatakan uji kelaikan masa angkutan udara Natal 2018 dan Tahun baru 2019 dimulai 15 Desember 2018 hingga 10 Januari 2019. Dari 15 hingga 17 Desember 2018, menurut dia, inspektur Penerbangan telah melakukan 191 inspeksi dengan jumlah pesawat yang diperiksa sebanyak 153 registrasi.

"Pesawat-pesawat yang kami periksa memenuhi syarat kelaikudaraan, baik dari lisensi dokumen pilot, teknisi, kabin dan lainnya. Namun, ada beberapa pesawat yang mendapat catatan dari tim kami, tapi sifatnya bisa ditanggulangi dengan cepat," ujar Polana.

Meski ada sejumlah temuan dalam ramp check pesawat di beberapa bandara, menurut Polana, temuan tersebut bersifat minor dan sudah ditindaklanjuti. Kegiatan uji kelaikan ini sebenarnya juga rutin dilakukan.

"Ramp check merupakan kegiatan rutin guna memastikan seluruh armada yang dioperasikan maskapai laik terbang. Ramp check'ini juga merupakan rangkaian dari uji kelaikan yang sudah dijadwalkan selama masa angkutan udara Natal dan Tahun Baru 2019," jelas dia.

Polana juga mengaku telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk terus mengawal maskapai dalam memberi pelayanan penerbangan terutama menjelang libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Adapun total armada yang disiapkan untuk angkutan udara pada angkutan Nataru adalah sebanyak 543 pesawat dari 12 badan usaha angkutan udara di 36 bandara. (*)

BERITA REKOMENDASI