Kemenhub Serahkan 24 Kapal Pelra Kepada Pemda

MAKASSAR.KRJOGJA.com – Pemerintah melalui Kemenhub menyerahkan 24 kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) kepada sejumlah pemerintah daerah (Pemda) penerima hibah. Prosesi penyerahan hibah dilakukan di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (19/04/2018).

Sebelum dilaksanakan hibah, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan berita acara hibah antara Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Dwi Budi Sutrisno dengan 24 perkawilan kepala daerah penerima hibah. Acara ini ikut dimeriahkan dengan kehadiran kapal KPLP KN. P Cundamani 116 yang didatangkan dari Surabaya.

“Hari ini diserahkan 24 kapal Pelra kepada pemerintah daerah sebagai penerima hibah. Pemerintah ingin Pelra bisa memberikan aksesibilitas daerah-daerah terpencil," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberi sambutan penyerahan hibah 24 kapal Pelra.

Menhub berharap, keberadaan kapal Pelra ini mampu meningkatkan peran serta Pemda dalam pelayanan transportasi angkutan laut bagi masyarakat lokal di wilayahnya, baik untuk penumpang, barang maupun wisata. "Jadi bagi para kepala daerah penerima hibah harus menjaga dan merawat kapal Pelra ini dengan baik," ujarnya.

Menhub mengungkapkan, pemerintah terus mengembangkan dan mereformasi pelayaran rakyat, termasuk dengan membangun armada kapal Pelra di galangan-galangan kapal tradisional. "Setelah 24 kapal, tahun 2018 ini Kemenhub kembali membangun 100 unit kapal Pelra dengan total alokasi anggaran sebesar Rp 250 Miliar, yang juga nantinya akan dihibahkan ke Pemda-Pemda," jelasnya.

Pembangunan kapal Pelra tersebut, lanjut Menhub, juga merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam meningkatkan usaha ekonomi pelayaran rakyat baik untuk galangan tradisional maupun masyarakat lokal. Kegiatan ini sekaligus juga memberikan lapangan pekerjaan kepada pekerja lokal di sekitar galangan, sehingga Kemenhub akan mengusulkan program padat karya bagi pekerja di galangan tradisional tersebut.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Dwi Budi Sutrisno dalam laporannya menjelaskan, 24 kapal Pelra berukuran 35 GT yang dihibahkan kali ini diberinama KM Banawa Nusantara I -24. Kapal-kapal Pelra tersebut dibangun oleh Ditjen Perhubungan Laut pada tahun anggaran 2017. 

"Pengerjaanya dilakukan oleh galangan-galangan kapal tradisional yang ada di berbagai wilayah Indonesia," ujar Dwi Budi.

Kapal Pelra yang dibangun oleh Kemenhub telah dilengkapi dengan fasilitas peralatan keselamatan yang cukup modern dan lengkap. Antara lain, perlengkapan keselamatan jiwa, perlengkapan pencegahan kebakaran, perlengkapan navigasi, radio komunikasi dan pencegahan pencemaran. 

Setelah kegiatan seremonial serah terima kapal, ke-24 kapal Pelra tersebut segera dikirim kepada Pemda-Pemda penerima hibah. Tetapi sebelumnya akan dilakukan familiarisasi terhadap para awak kapal tersebut. (Imd)

BERITA REKOMENDASI