Kemenkes Duga Kuat 4 Orang Positif Virus Korona COVID-19

Editor: Agus Sigit

KEMENTERIAN Kesehatan menetapkan ada dua orang yang positif terkena virus Korona COVID-19. Dari dua orang yang positif tersebut, pemerintah pun melakukan pengembangan terhadap beberapa orang yang dekat dengan mereka.

Juru Bicara Nasional Kasus COVID-19 dr Achmad Yurianto mengatakan, berdasarkan pengembangan yang dilakukan dari dua orang tersebut ada empat orang yang diduga mengalami gejala yang sama.

“Dari kluster Jakarta, ada empat orang diduga kuat positif, nanti sore hasil Lab akan datang, bersamaan dengan hasil lab 2 orang yang sudah memasuki hari ke-5 pada kasus 1 dan kasus 2,” jelas dia live di iNewsTv.

Dia melanjutkan, saat ini Kemenkes tengah melakukan pengembangan sehingga lantaran dari empat orang yang sekarang suspect, telah bertemu kelompok beda. “Jadi mereka bertemu orang berbeda dari kelompok dansa, dan kita sudah lacak,” kata dia.

“Sudah ada 10 orang menghubungi kamu dari kluster dan sub-kluster tersebut. Mereka sudah buat janji untuk bertemu. Tapi tadi kami tanya, mereka tidak ada keluhan, tapi tetap ada kekhawatiran. Nanti setelah bertemu baru akan dieskplorasi lebih jelas,” tukas dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terdapat dua wanita berusia 31 dan 64 tahun positif terpapar virus korona atau Covid-19 usai kontak langsung dengan warga negara Jepang.

Kedua orang itu menjalani perawatan di Ruang Isolasi RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, sejak 1 Maret 2020 setelah dinyatakan positif terjangkit virus korona.

Pemeriksaan laboratorium terhadap kedua pasien itu akan dilakukan selama dua kali, yakni lima hari pertama dan dilanjutkan pada hari kelima berikutnya.

Jikalau pada pemeriksaan hari kelima nantinya negatif, maka pihak rumah sakit tidak langsung memulangkan, namun tetap dilakukan pengecekan kembali pada hari kelima berikutnya untuk memastikan apakah bisa dipulangkan atau tidak.

BERITA TERKAIT