Kemenlu Kirim Tim Khusus Pemulangan Calhaj Ilegal

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia mengirimkan tim khusus penanganan kasus lolosnya ratusan warga negara Indonesia yang berhaji dengan menggunakan paspor ilegal Filipina. ‎Tim tersebut akan bertugas memulangkan para WNI setelah kembali dari ibadah haji melalui Manila.

Menlu Retno Marsudi telah menugaskan tim khusus yang dipimpin oleh Direktur Perlindungan dan BHI untuk melakukan persiapan bersama dengan otoritas terkait di Filipina. Tim telah melakukan pertemuan maraton dengan satgas yg dibentuk Pemerintah Filipina guna menangani masalah tersebut.

Dalam pertemuan, Tim Kemlu menekankan agar penanganan 177 calon haji sebelumnya dijadikan pelajaran untuk membuat proses penanganan lebih cepat dan efisien dengan tetap mengedepankan perlakuan yang bermartabat kepada para jamaah haji. "Pihak Indonesia juga menekankan kembali pandangan Presiden Jokowi dan Presiden Duterte bahwa para jamaah haji tersebut adalah korban," kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI Lalu Muhamad Iqbal.

Pandangan Indonesia tersebut diamini oleh Satgas yang dipimpin langsung oleh Kementerian Kehakiman Filipina dan beranggotakan seluruh instansi terkait. Dari pertemuan disepakati alur penanganan jamaah setibanya di Manila. Diharapkan dengan alur yang disepakati, para jamaah haji dapat dipulangkan ke tanah air secepat mungkin.‎ (*)

BERITA REKOMENDASI