Kemenlu Lakukan Pendataan WNI di China

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu) mengaku masih melakukan pendataan terkait WNI yang berada di China untuk dipulangkan ke Tanah Air. Seperti diberitakan sebelumnya, sedikitnya 243 WNI masih tertahan akibat terisolasi akibat wabah virus corona di China.

Juru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah mengatakan pihaknya masih mendata profil dan persiapan administrasi yang perlu dilengkapi.

"Tentu dalam rangka pemulangan mereka ke tanah air pemerintah selalu hadir, teman-teman di Hubei harus dalam kondisi yang siap, terutama dari segi administrasi," ujarnya.

Pihaknya mengatakan telah melakukan komunikasi dengan pemerintah China terkait pemulangan WNI. Otoritas Tiongkok masih menutup akses dari dan menuju provinsi Hubei sehingga proses pendataan belum usai.

Namun hingga hari ini, pemerintah belum mencapai kesepakatan dengan otoritas China terkait tanggal kepulangan WNI. "Hari minggu lalu kita telah melakukan konferensi pers antar kementerian dengan Tiongkok, membicarakan evakuasi wni di sana, tapi kita belum tahu kapan bisa dipulangkannya, di sana juga masih lockdown jadi kami tidak bisa mendata secara langsung," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI