Kemenparekraf Luncurkan Program Geber

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Untuk mempromosikan destinasi wisata lokal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) meluncurkan program Geber yakni gerakan bersama. Geber ini akan menggandeng artis dan komunitas yang ada setiap daerah . Kali ini Kemenparekraf menggandeng artis Tora Sudiro dan Darius Sinarthya.

Untuk program awal Geber ini akan menggandeng komunitas pesepeda atau Geber Komunitas Riders. Rencananya Geber Komunitas Riders ini akan start awal dari Batang, Dieng, Temanggung, Borobudur dan finish di Yogyakarta. Mereka akan menyusuri daerah destinasi lokal dan bergabung dengan komunitas di setiap daerah.

“Untuk mempromosikan wisata di Indonesia saja, dalam kerangka di Indonesia saja komunitas ini akan bekerja sama dengan Geber komunitas. Untuk pertama kali Geber komunitas yang digandeng adalah komunitas pesepeda atau Riders, dalam perjalanan nanti menelusuri destinasi di sepanjang jalan yang mereka lalui. Kali ini Geber start dari Batang, dan finish di Yogya,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno dalam acara weekly Press Breafing di Jakarta, Senin (14/06/2021).

Sementara itu artis Darius Sinarthya mengatakan dalam program Geber komunitas Riders ini akan memulai proses perjalanan untuk mempromosikan wisata Indonesia, destinasi-destinasi lokal sekaligus juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Yang pasti kita semua sebelum berangkat harus melakukan serangkaian tes kesehatan terlebih dulu, setelah hasil tes negatif baru melakukan perjalanan. Jadi untuk mengetahui apakah kita sehat atau tidak harus melakukan tes dulu,” tegasnya.

Menurutnya keikutsertaannya dalam Geber Komunitas ini, tujuannya agar wisatawan Indonesia dan wisata Indonesia bisa bangkit. Namun di saat bersamaan kita juga harus mencegah penularan covid 19, serta tetap menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan.

Dikatakan, komunitas ini akan berangkat dari Jakarta sebanyak 10 sampai 12 riders, dan akan bergabung dengan komunitas di setiap daerah yang akan dilalui. Manti start awal dari Batang dan berakhir di Yogyakarta.

“Kita akan datang ke beberapa destinasi, kita start dari Batang selalu menuju Dieng, ada di Temanggung dan nanti akan pergi Borobudur dan terakhir di Yogya. Banyak yang akan kita kunjungi bekerja sama dengan teman-teman dari komunitas lokal. Kita akan mencoba mengajak komunitas lokal untuk ikut membantu wisata Indonesia bangkit lagi,” tegasnya.

Dikatakan kita ingin pariwisata kita kembali bangkit, namun kita juga ingat kalau kita masih dalam pandemi kita ingin juga supaya masyarakat betul-betul memperhatikan protokol apapun yang dilakukan dalam kegiatan wisata, nomor satu itu tetap menjaga kesehatan.

“Oleh karena itu kita akan berusaha dalam perjalanan menelusuri destinasi destinasi pariwisata akan tetap mengimbau masyarakat untuk tetap memakai masker menjaga cara mencuci tangan atau jari mungkin sehingga betul-betul kita pada saat berwisata tetap sehat,” tegasnya (Lmg)

BERITA REKOMENDASI