Kemenpora Bakal Hentikan Anggaran Pelatnas

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bakal menghentikan anggaran pelatnas seiring dengan penundaan gelaran SEA Games 2021 Vietnam akibat pandemi Covid-19. Keputusan penundaan SEA Games 2021 diambil usai pertemuan antara perwakilan National Olympic Committee negara-negara peserta se Asia Tenggara (SEAGAF).

“Kami masih menunggu pemberitahuan resmi tentang penundaan. Setelah itu baru kita akan tentukan sikap. Karena harus ada pemberitahuan tertulis yang kami terima karena ini berkaitan dengan anggaran,” kata Menpora Zainudin Amali.

Terkait anggaran, Sesmenpora Gatot S Dewa Broto lebih lanjut menjelaskan penundaan SEA Games ini praktis membuat Kemenpora harus menghentikan anggaran yang sebelumnya digelontorkan untuk pelatnas para atlet.

“Kalau pelatnas SEA Games praktis kami akan menghentikan anggarannya karena khawatir kena temuan BPK. Karena anggaran ini pakai APBN jadi harus dihentikan. Jika mau terus [pelatnas jalan] tidak pakai APBN, tapi mungkin sumber lain,” jelas Gatot terpisah.

Di sisi lain, Kemenpora rencananya akan mengundang masing-masing federasi cabang olahraga untuk pembahasan rencana penghentian anggaran SEA Games yang penyelenggaraannya telah ditunda.

“Kami akan berkonsultasi dengan BPK apakah bisa tetap digunakan anggarannya atau tidak. Kami juga akan menjelaskan aturannya ke cabor kenapa pelatnas harus dihentikan. Kalau tidak, BPK akan melihat, sudah jelas dibatalkan kok Kemenpora masih tetap kukuh?” terang Gatot. (*)

BERITA REKOMENDASI