Kemensos Minta Pemda Siaga Dana Bencana

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos Margo Wiyono di Jakarta, Selasa (13/11/2018) mengimbau Pemda menyiagakan dana siaga bencana karena banyak terjadi bencana

"Sekarang kan sudah ada Rencana Standar Minimal (RSM).  Harusnya Pemda siap bila terjadi seduatu di wilayahnya," tuturnya.

Adapun mengenai santunan, kata Margo Wiyono untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu masih belum bisa dibagikan.Sebab, masih menunggu kecepatan pemerintah daerah (pemda) dalam mendata para korban atau ahli warisnya. 

"Perlu kehati-hatian,  agar satunan yang diberikan tepat pada sasaran," ujarnya. Sehingga,  imbuhnya, kalau pun yang menerima ahli waris ialah ahli wsris yang tepat. 

Dijelaskannya,  untuk korban yang sudah teridentifikasi pun madih belum bisa diberikan santunan.  "Agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial,"  ujarnya. 

Saat ini,  sebutnya,  pemerintah sudah menyelesaikan 200 hunian sementara (huntara),  dari 1200 huntara yang akan dibangun. Dikatakannya,  dalam 1 atau 2 minggu ke depan,  sudah bisa selesai semua. (Ati)

 

BERITA REKOMENDASI