Kemensos Naikkan Bantuan untuk Keluarga Penerima Manfaat, Begini Rincian Selengkapnya

PEMERINTAH melalui Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan , empat bantuan sosial sebagai jaring pengaman sosial atau social safety net guna mengurangi beban keluarga miskin dan rentan dari dampak ekonomi penyebaran Covid-19.

Lalu bantuan apa saja yang diberikan dan apa maksud dibagikannya bantuan teraebut :

Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Asep Sasa Purnama di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta mengatakan bantuan pertama adalah meningkatkan indeks bantuan dari penyaluran bansos Program Sembako dari Rp 150.000/ Keluarga Penerima Manfaat (KPM)/ bulan menjadi Rp 200.000.

Pemerintah telah menyiapkan instrumen fiskal untuk menanggulangi dampak ekonomi penyebaran covid-19 sebesar Rp 10 triliun.

“Kemensos mendapat alokasi Rp 4,56 triliun dengan total anggaran bansos Program Sembako Rp 28,08 triliun, ” ujar Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Asep Sasa Purnama .

Kebijakan ini sebagai antisipasi dari dampak penyebaran covid-19 yang dikhawatirkan menimbulkan perlambatan perekonomian Indonesia, khususnya di keluarga miskin dan rentan.

“Kenaikan bansos Rp 50.000 terhadap 15,2 juta KPM Program Sembako yang diberikan selama enam bulan, mulai Maret hingga Agustus 2020,” katanya.

BERITA TERKAIT