Kementerian ESDM Kembali Buka Lelang Blok Migas

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mengumumkan lelang wilayah kerja (WK) minyak dan gas (migas) tahap III 2018 pada pekan depan. Lelang akan dilakukan dengan mekanisme penawaran langsung (direct offer) berdasarkan hasil studi bersama (joint study).

"Minggu depan, kami akan buka lelang baru," ujar Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Djoko Siswanto lelang hasil joint study lebih disukai investor karena dinilai memberikan kepastian data cadangan. Dalam joint study, investor dengan izin pemerintah, lebih dulu melakukan studi sebelum lelang. Hal ini berbeda dengan lelang reguler di mana data disiapkan oleh pemerintah.

Kelebihan lain, investor juga dapat melakukan perhitungan teknik atau teknologi yang sesuai serta perhitungan besaran biayanya. Kementerian akan melelang sekitar delapan sampai 10 blok migas yang telah dianggap siap dan memenuhi persyaratan untuk dilelangkan.

Berdasarkan data historis, lelang langsung lebih banyak diminati investor dibandingkan lelang reguler. Dalam lelang WK migas tahap I tahun 2018 misalnya, empar dari lima WK yang ditawarkan melalui penawaran langsung sudah disepakati. Keempat kontrak kerja sama tersebut antara lain, Citarum, East Ganal, East Seram, dan Southeast Jambi. (*)

BERITA REKOMENDASI