Kemnaker Terbitkan SE Khusus Pencegahan Virus Corona

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Upaya pencegahan penyebaran virus corona dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan dengan menerbitkan Surat Edaran (SE) Khusus terkait virus tersebut melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Binwasnaker dan K3).

"Virus corona sangat berbahaya dan terus menyebar ke berbagai negara. Kita di Indonesia sangat prihatin dan terus berdoa agar para pekerja migran Indonesia (PMI) di China dan negara-negara lainnya tetap  aman dan selamat,” kata Menaker Ida Fauziyah di Jakarta, Tabu (29/1/2020).

Untuk itu, ia mengintruksikan Dirjen Binawasnaker dan K3 menerbitkan Surat Edaran Nomor B.5/51/AS.02.02/I/2020 perihal Kewaspadaan Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat Yang Tidak Diketahui Penyebabnya pada Pekerja. Ida juga meminta para pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di luar negeri, khususnya di Tiongkok, agar tetap waspada terkait penyebaran virus tersebut.

Terhadap hal ini, Ida juga meminta kepada para pekerja di dalam negeri agar tetap wapada.  Sehubungan surat edaran itu, Plt. Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker Iswandi Hari mengatakan, surat edaran khusus ditujukan kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi dan pimpinan perusahaan se-Indonesia.

"Dalam surat edaran ini, Kadisnaker dan pimpinan perusahaan diimbau untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan K3, khususnya dalam upaya pencegahan pneumonia berat ini," jelas Iswandi. Termasuk, lanjutnya menyebarluaskan informasi kepada jajaran organisasi dan pihak terkait yang berada di wilayah pembinaan terhadap kasus pneumonia berat itu terhadap sektor ketenagakerjaan.

”Kita juga meminta agar segera dilakukan pendataan dan melaporkan kepada instansi terkait setiap kasus atau yang patut diduga kasus pneumonia berat yang tidak diketahui penyebabnya di tempat kerja," kara Iswandi seraya mewajibkan kepada setiap pimpinan perusahaan untuk melakukan antisipasi terhadap kasus pneumonia berat ini dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan. (Ful)

 

BERITA REKOMENDASI