Kenal Pancasila, Mengenal Diri Sendiri

ENDE, KRJOGJA.com – Absennya mata ajar Pancasila dalam Standar Nasional Pendidikan sejak tahun 2003 membuat generasi muda kehilangan akses pada materi kePancasilaan. Tidak tersedianya materi ini membuat generasi muda tidak mengenal Pancasia dan nilai-nilai luhur yang membentuk karakter dan identitas bangsa.

“Akibatnya, jika tidak mengenal Pancasila, berarti juga tidak mengenal diri dan bangsa sendiri,” tegas Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi saat menjadi pemateri talkshow Pancasila di kalangan Generasi Milenial dan Generasi Z yang diadakan Radio Republik Indonesia (RRI) di Pesantren Walisanga Kabupaten Ende, Jumat (10/12/2021) lalu.

Untuk mengenalkan kembali Pancasila kepada generasi muda melalui pendidikan formal, BPIP sudah memohon persetujuan Presiden atas draf bahan ajar yang sudah dirumuskan, mulai dari jenjang PAUD hingga Pendidikan Tinggi. “Semoga Presiden berkenan mengesahkan. Sehingga paling lama semester depan bahan ajar ini sudah bisa digunakan di berbagai tingkatan sekolah,” terang Yudian.

BERITA REKOMENDASI