Kepastian Pemusatan Latihan PSSI di Luar Negeri Ditentukan Pekan Ini

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJa.com – PSSI melalui Direktur Teknik Indra Sjafri memastikan bakal menentukan lokasi pemusatan latihan (Training Centre/TC) Timnas Indonesia U-19 di luar negeri pekan ini.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule membuka opsi untuk menggelar TC Timnas Indonesia U-19 dalam persiapan menuju Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021. Setelah Korea Selatan sempat disebut sebagai tujuan utama, PSSI membuka opsi TC di Eropa, seperti Belanda, Jerman, dan Prancis.

Opsi TC di Eropa muncul lantaran protokol karantina Covid-19 selama 14 hari di Korea Selatan yang tidak bisa dikompromikan. Sedangkan di beberapa negara Eropa, PSSI mengklaim memperbolehkan tamu negara yang datang tidak perlu dikarantina asal sudah memiliki hasil tes negatif Covid-19.

“Atas perintah Ketum [Ketua Umum PSSI] Timnas Indonesia U-19 harus [TC] ke luar negeri. Lokasinya, ada beberapa tempat yang saat ini sedang kami diskusikan dengan pelatih. Mungkin 3-4 hari lagi diputuskan. Karena tidak gampang juga menentukan mana lokasi terbaik. Yang pasti Ketua Umum menjamin TC di luar negeri,” kata Indra Sjafri.

Kepala Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong masih tetap berharap TC luar negeri bisa digelar di Korea Selatan yang juga kampung halamannya. Menurutnya, banyak hal yang bisa didapat ketika Timnas Indonesia berlatih di sana.

Timnas sedianya akan tinggal di Kota Gyeongju sebelum rencana TC di Korea Selatan disebut PSSI kemungkinan batal. Shin Tae Yong menyebut kota itu dekat dengan kota-kota yang memiliki klub sepak bola yang bisa dijadikan lawan uji coba Skuad Garuda. (*)

BERITA REKOMENDASI