Kerusuhan Papua Ada Campur Tangan Kelompok Asing?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal mengungkapkan bahwa ada kelompok asing yang terlibat agar Papua terus memanas. Iqbal mengatakan, sejauh ini pihaknya masih terus melakukan pemetaan.

“Ada (campur tangan kelompok asing), tapi ini kan penangangannya harus komprehensif. Polri tentunya akan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, dengan lembaga dan kementerian. Sebenarnya kelompok-kelompok lokal yang diduga ada kaitannya dengan kerusuhan terkonek dengan beberapa pihak luar, ini sedang kami petakan,” kata Iqbal dalam keterangannya, Minggu (1/9/2019).

Baca Juga: Akses Internet di Papua Masih Dibatasi, Keamanan Belum Terjamin?

Iqbal mengaku Polri sudah menggerakkan kontraintelijen untuk menangkal gerakan atau kelompok asing yang memperkeruh suasana di Papua.

Selain itu, menggandeng pihak terkait untuk mendinginkan situasi Papua.

“Intinya enggak bisa juga kami sampaikan di sini. Untuk apa sebenernya? Ini diplomasi antarnegara yang prioritas utama Bapak Kapolri menyampaikan. Tapi kami jamin keamanan, kerusuhan yang sudah ada, jangan terjadi lagi,” kata Iqbal.

Menurut Iqbal, warga yang melakukan aksi di Papua merupakan bagian yang terprovokasi. Sementara di baliknya terdapat pihak yang menggerakkan dan saat ini tengah didalami oleh Polri.

“Nah ini pihak-pihak atau kelompok asing yang diduga menggerakkan, sudah dipetakan dan sedang didalami. Kalau misalnya terbukti secara hukum, tentunya akan ditegakkan secara hukum,” tegas mantan Wakapolda Jawa Timur ini.

Saat disinggung negara mana saja yang terlibat dalam konflik di Papua, Iqbal merahasiakannya. “Enggak bisa disebutkan,” imbuh Iqbal. (*)

BERITA REKOMENDASI