Kesepakatan Indonesia-Singapura Tingkatkan Kerjasama Pelatihan Vokasi

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mengakhiri kunjungan kerjanya ke Singapura, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengadakan pertemuan informal dengan Menteri Tenaga Kerja Singapura Lim Swee Say di Singapura, Sabtu (16/9/2017).

Dalam pertemuan bilateral ini, menurut Hanif, pihaknya bersama Menteri Tenaga Kerja Singapura sepakat meningkatkan kerja sama pendidikan dan pelatihan vokasi untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing SDM kedua negar. "Saat pertemuan kita sepakat meningkatkan dan memperluas kerja sama pelatihan vokasi, serta terus berupaya memperbaiki kerja sama di sektor-sektor bidang ketenagakerjaan lainnya," jelas Hanif dalam pernyataannya di Jakarta Minggu, (17/9/2017) malam.

Delegasi Indonesia yang hadir dalam pertemuan antara lain Dirjen Binalattas Kemenaker Bambang Satrio Lelono, Dubes RI untuk Singapura I Ngurah Swajaya anggota Komite Vokasi Nasional. Hanif menyebutkan, selama ini kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan vokasi telah berjalan lebih baik. Namun, dibutuhkan komitmen lebih untuk pengembangannya.

"Perlu diperkuatnya kembali kerja sama pelatihan vokasi yang sudah dilakukan serta komitmen membantu pembenahan kualitas Balai Latihan Kerja dengan melibatkan Kementerian dan lembaga terkait lainnya di Singapura," ungkapnya. Di bidang pelatihan vokasi, kerja sama yang telah dilakukan antara lain dengan Temasek Foundation Polytechnic Singapore International (SPI), Workforce Singapura dan lembaga lainnya.

Hanif memaparkan bahwa, bentuk kerja samanya antara lain berupa konsep kurikulum dan upskilling instruktur vokasi, perbaikan fasilitas dan sarana, prasarana pendukung pelatihan vokasi, serta pemagangan dan informasi pasar kerja. "Kita akan undang lembaga terkait ke Indonesia untuk bersama-sama memperbaiki kualitas pelatihan vokasi di balai latihan kerja dan lembaga pelatihan lainnya, yang tersebar di seluruh Indonesia," ujarnya. 

Di Indonesia, menurut Hanif, pelaksanaan pelatihan vokasi dilakukan oleh BLK, LPK Swasta, Training Center Industri serta Lembaga pelatihan Kementerian atau Lembaga. (Ful)

BERITA REKOMENDASI