Ketahanan Pangan Indonesia Terus Meningkat

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebanyak 117 Kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia mengalami peningkatan ketahanan pangan yang cukup signifikan. Status peningkatan ini terlihat dari data dan informasi yang disajikan Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) 2018.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, menjelaskan sebanyak 75 kabupaten merupakan wilayah rentan pangan yang kini statusnya naik 19%. Sedangkan 102 kabupaten lainya merupakan wilayah tahan pangan yang kini naik statusnya menjadi 26%.

"Ini adalah capaian luar biasa yang harus kita tingkatkan melalui berbagai program untuk ketahanan pangan wilayah," kata Agung, Kamis (13/12/2018).

Menurut Agung, status ketahanan pangan ini dikelompokkan menjadi 6 bagian. Masing-masing kelompok adalah warna merah untuk menandakan daerah yang rentan rawan pangan. Sedangkan 3 kelompok lainnya berwarna hijau untuk daerah yang tahan pangan sesuai dengan tingkatnya.

"BKP memanfaatkan FSVA ini sebagai salah satu rujukan dalam menetapkan lokasi program Pengembangan Korporasi Usahatani (PKU), Kawasan Mandiri Pangan (KMP) dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)," katanya.

Sekedar diketahui, FSVA merupakan peta tematik yang menggambarkan visualisasi geografis berdasarkan hasil analisis data indikator kerentanan terhadap kerawanan pangan. (*)

BERITA REKOMENDASI