Ketua KPK: 34 Calon Kepala Daerah Berpotensi Jadi Tersangka

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo secara mengejutkan menyebut dari 34 calon kepala daerah, 90 persen diantaranya dipastikan jadi tersangka.

Demikian diungkap Agus usai menggelar pertemuan dengan PPATK di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/3/2018).

Dalam pertemuan tersebut, kata Agus, PPATK menyampaikan ada 368 laporan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan calon kepala daerah.

Karena itu, laporan PPATK tersebut akan menjadi bahan sebagai tindaklanjut KPK

“Dari ke 34 calon kepala daerah itu, 90 persennya dipastikan bakal jadi tersangka. Jadi bukan 90 persen untuk peserta, tapi beberapa kepala daerah itu,” katanya kepada media.

Akan tetapi, lanjutnya, KPK masih membutuhkan waktu untuk melakukan penyelidikan sebelum naik ke tingkap penyelidikan.

“Kalau kami naikkan penyidikan itu dasarnya pasti kuat, salah satunya informasi dari PPATK,” terang Agus.

Sayangnya, Agus enggan membeberkan identitas calon kada dimaksud.

Akan tetapi, sebelumnya, Agus mengindikasikan bahwa sebagaian besar calon kada dimaksud itu berada di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Selain calon kada, lanjut Agus, bidikan juga diarahkan kepada calon petahana yang sudah berhenti dari jabatan lama dan mencalonkan kembali ke jabatan yang lebih tinggi.

“Ada petahana, ada sudah berhenti dari jabatannya tapi maju untuk pilkada pada tingkatan yang lebih tinggi,” beber Agus.

Untuk diketahui, sebelumnya KPK sudah menggelandang enam kepala daerah dalam operasi tangkap tangan (OTT) sejak dua bulan pertama tahun 2018 ini.(*)

 

KPK

BERITA REKOMENDASI