Khofifah Siap Divaksi Pertama di Jatim

Editor: Ivan Aditya

SURABAYA, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan siap menjadi orang pertama di wilayahnya yang disuntik vaksin Covid-19.

“Bapak Presiden menjadi orang pertama divaksin. Kalau di tingkat nasional adalah Presiden maka di tingkat provinsi gubernur, saya siap menjadi orang pertama divaksin di Jatim,” ujarnya.

Pemprov Jatim, kata dia, mendapat jatah vaksin sebanyak 317.000 dan harus menjadi bagian dari komitmen bersama untuk menangani penyebaran Covid-19. “Di Jatim, kami sudah sangat siap. Kami selesai menyiapkan vaksinator tujuh angkatan,” ucapnya.

Total sebanyak 2.404 vaksinator yang sudah disiapkan dan di setiap kabupaten/kota terdapat dua masalah, serta saat ini di Jatim sudah memiliki 1.860 unit cold storage atau semacam cold chain untuk tempat vaksin. Vaksin tersebut juga harus disimpan dalam suhu tertentu yakni antara -2C sampai -8C.

Yang tidak kalah pentingnya, lanjut Khofifah, yaitu vaksin carrier atau pembawa vaksin yang berdasarkan catatan di seluruh daerah di Jatim sebanyak 8.601 pembawa. “Saya minta Dinas Kesehatan mengecek lagi. Ini jangan-jangan ada cold storage yang mungkin berkarat, listriknya tidak normal dan gensetnya tidak terdukung. Saya ingin semua dilakukan verifikasi,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI