Khofifah Tegaskan Nikahsirri.com Rendahkan Perempuan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa angkat suara terkait situs yang menawarkan memfasilitasi nikah siri, nikahsirri.com. Menurutnya situs tersebut merendahkan kaum perempuan.

Dalam situs tersebut kata Khofifah perempuan dijadikan sebagai komoditas terselubung dengan modus agama dan juga keberadaanya sendiri telah menyalahi Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan.

"Nikah siri kok dijadikan komoditas. Apalagi di dalam situs tersebut terang-terangan menyebutkan lelang keperawanan yang dipromosikan secara online," kata Khofifah.

Khofifah juga menegaskan pernikahan itu, selain sah secara agama juga harus benar dan tercatat negara berdasarkan Undang-undang Nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan. Dalam praktiknya pun, kata Khofifah, ikatan pernikahan yang digagas dalam situs nikahsirri.com itu sangat berpotensi memunculkan perbuatan melawan hukum seperti melegalkan perzinaan, selingkuh, hingga poligami.

Lebih dari itu, Khofifah menyebut nikah siri pun telah meletakkan perempuan dalam posisi yang sangat lemah serta rentang mengalami kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan seksual. (*)

BERITA REKOMENDASI