Kicauan Jokowi Jadi ‘Tweet Emas’

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Twitter Indonesia menobatkan kicauan Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi sebagai ‘Golden Tweet’ sepanjang tahun 2016 di Indonesia. Adapun kicauan yang dimaksud adalah ketika Jokowi mengekspresikan kebanggaannya terhadap pasangan bulu tangkis ganda campuran, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Owi-Butet).

Kicauan itu dilontarkan menyusul kemenangan Owi-Butet pada Olimpiade Rio 2016. Diunggah pada 17 Agustus 2016 pukul 10.22 WIB, kicauan tersebut diganjar re-tweet sebanyak 18.000-an kali dan lebih dari 12.000 likes.

“Akhirnya, kita dengar Indonesia Raya di Olimpiade Rio 2016. Medali emas dari Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir. Selamat! -Jkw,” bunyi kicauan sang Presiden ketika itu.

Menurut Country Head Twitter Indonesia Roy Simangunsong, ucapan selamat dari Jokowi melalui Twitter membuktikan bahwa mikroblog tersebut dipercaya sebagai platform komunikasi maya yang mumpuni.

“Sebagai platform, kami tak punya kompetitor. Twitter bukan sekadar media sosial. Semua perbincangan yang sedang ramai dibicarakan bisa diketahui di Twitter. Tiap peristiwa yang terjadi real time bisa ditemukan pertama kali di Twitter,” Roy menjelaskan.

Golden Tweet alias tweet emas sendiri diartikan sebagai kicauan yang paling banyak dibagikan kembali (re-tweet) dan berdampak signifikan. Dalam hal ini, kicauan Jokowi soal kemenangan Owi-Butet dianggap mampu mengorek nasionalisme dan kebanggaan masyarakat atas prestasi putra-putri bangsa. (*)

BERITA REKOMENDASI