Kinerja Parpol Dinilai Masih Lemah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Kinerja partai politik selama tahun ini mendapatkan sorotan yang tidak cukup bagus. Sebagian pihak menilai beberapa partai politik telah kehilangan identitas demokrasi dan ideologinya.

Wakil Ketua Komisi II Fraksi PKB Lukman Edy mengatakan, salah satu indikator kinerja partai yang tidak cukup menggembirakan terlihat dari tidak adanya pelaksanaan musyawarah wilayah dan musyawarah cabang dari sebagian besar partai politik di daerah-daerah. Tidak adanya muswil atau muscab menghilangkan unsur musyawarah di dalam partai politik.

"Surat Keputusan Partai bukan hasil musyarawah, tetapi SK penunjukkan langsung. Fenomena ini hilangnya demokrasi atau bagaimana," katanya.

Tidak hanya kinerja partai politik di daerah. Lukman menilai, fenomena itu merembet sampai ke jajaran pengurus tingkat partai politik di pusat. Namun demikian, dia melihat fenomena itu bagai pisau bermata dua.

Ada sisi positif sekaligus negatif. Sisi positifnya, penunjukkan langsung bisa diduga menjadi semacam mekanisme internal partai untuk menghindari konflik. Sisi negatifnya, fenomena itu menunjukkan kecenderungan arah politik liberalisme. (*)

BERITA REKOMENDASI