Kinerja Polri Semakin Profesional

JAKARTA (KRjogja.com)  – Kepercayaan publik kepada Polri saat ini terus membaik. Hal itu berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, yakni menempati urutan keempat.

Kepercayaan pada Polri berada di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi), dengan 89 persen, TNI dengan 88 persen dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebanyak 82 persen. Tingkat kepercayaan publik pada Polri di atas. Menurut peneliti Indikator, Hendro, kepercayaan pada polisi sebenarnya terus meningkat sejak Polri jadi wajah tunggal. Polri sudah meninggalkan wajah militernya dan dari tahun ke tahun terus memperbaiki diri. 

Menariknya, tingkat kepercayaan Polri ini paralel dengan tingkat kepuasaan publik pada pengangkatan Tito Karnavian sebagai Kapolri oleh Jokowi. Survei Indikator menyebut sekitar 91 persen dari 47 persen publik yang tahu kabar pengangkatan Tito menyatakan kepuasannya. 

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Maruarar Sirait menilai, hal ini disebabkan karena beberapa hal. Misalnya figur Tito yang bisa membawa Polri semakin propresional. "Kita lihat jejak rekam Pak Tito dalam menjaga keamanan dan ketertiban juga sangat bagus," kata Maruarar, Senin (15/8/2016). 

Dalam hal pemberantasan terorisme misalnya, sambung Maruarar, Tito juga mendapat dukungan publik yang sangat luas. "Dengan figur, profesionalitas, sistem, juga kinerja dan kebijakan, ke depan polisi akan kebih dipercaya lagi," tegasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI