Kirab Pemuda 2017 Tingkatkan Persatuan Generasi Muda

BLITAR, KRJOGJA.com  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olaharaga, Imam Nahrawi, serta Gubernur Jawa Timur Soekarwo, hadiri puncak Kirab Pemuda di Lapangan Kanigoro, Blitar, Provinsi Jawa Timur, Kamis (07/12/2017). 

Pada kesempatan ini, Siti Nurbaya yang ternyata alumni Kirab Remaja ini, sempat mendapatkan tanda mata dari peserta Kirab Pemuda.
 
Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyambut baik Kirab Pemuda karena para peserta ini merupakan pelajar-pelajar terbaik. "Anak-anak hebat dari Sabang sampai Merauke. Ini bumi Blitar, Bumi Bung Karno," ujar Soekarwo di depan peserta Kirab Pemuda.
 
Menpora Imam Nahrawi mengungkapkan, acara ini membuktikan bahwa Kebhinekaan itu merupakan takdir dan ada. Para peserta Kirab, sambung Nahrawi, nantinya akan menyebarkan virus-virus kepada seluruh pemuda.
 
"Acara yang diikuti 73 pelajar dari 100 titik di 34 Kota dan Kabupaten ini, telah terlaksana selama 72 hari, dengan berkeliling Indonesia, guna menanamkan mental semangat nasionalisme," ungkap Menpora.

Menpora menjelaskan kirab Pemuda ini bertujuan untuk meningkatkan persatuan pemuda dengan tingginya penghormatan tehadap kebhinekaan, menjadikan kreativitas sebagai solusi terhadap penyikapan atas kebhinekaan untuk memperkokoh persatuan dan kemajuan bangsa, dan menjadikan semangat patriotisme sebagai cara meningkatkan kecintaan pemuda terhadap NKRI.
 
Terkait Blitar sebagai lokasi puncak kegiatan, Nahrawi yang juga Ketua Panitia menegaskan, "Blitar tempat Bung Karno dimakamkan, dan menjadi titik awal kemerdekaan oleh seorang yang betul-betul mengabdi untuk bangsa".
 
"Untuk diketahui, penutupan perhelatan puncak Kirab Pemuda sengaja digelar di Blitar, guna mengenang semangat proklamator bangsa yang telah menanamkan kebangkitan pemuda Indonesia", lanjutnya. 
 
Sebelumnya, Rabu malam (6/12/2017), Menteri LHK Siti Nurbaya bersama Puan Maharani berziarah ke Makam Bung Karno, Blitar. Siti Nurbaya juga sempat menabur bunga serta berdoa di makam Presiden pertama RI, yang juga kakek dari Menko PMK itu.(*)

 

 

BERITA REKOMENDASI