KKP Temukan Peredaran Ikan Ilegal

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menemukan ada peredaran ikan dori atau patin ilegal yang berasal dari Vietnam di pasaran Indonesia. Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina menyatakan penemuan itu diungkap lewat operasi bersama Bareskrim Polri pada 26-28 April 2017.

Adapun daging ikan laut tersebut dijual dalam bentuk irisan tipis atau fillet. Menurutnya, ikan ikan ilegal itu juga ditemukan di beberapa retail di Jakarta. "Kami dapat laporan dari masyarakat ada dori di pasar. Kami surveillance ke pasar, akhirnya kami temukan," kata Rina.

Rina mengatakan Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP tidak pernah mengeluarkan izin pemasukan hasil perikanan (IPHP) atas nama komoditas dori. Terkait retail yang diduga sebagai penjual ikan ilegal tersebut, Rina belum mau mengungkapnya karena masih dalam proses penyidikan Bareskrim.

Selain itu, operasi bersama KKP dan Bareskrim tersebut berhasil menggagalkan pemasukan ikan beku/produk perikanan ilegal sebanyak 22.198 kilogram pada 16 Agustus 2017. Ikan beku tersebut diangkut menggunakan kapal KM Sinar Abadi 5 yang merupakan kapal eks Thailand di Pelabuhan Tembilahan Riau. (*)

BERITA REKOMENDASI