Klarifikasi KSPN: Tim Tripartit Bukan Sekadar Stempel yang Serba ‘Ok Bos’

JAKARTA, KRJOGJA.com – Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) mengklarifikasi tuduhan yang menyebutkan bahwa tim tripartit Omnibus Law adalah sekadar ‘stempel’ belaka. Selain itu, KSPN juga tak sependapat atas penilaian tim DPR lebih kuat dari tim tripartit.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Ristadi menegasksn, tim tripartit yang dibentuk pemerintah adalah awalnya atas aspirasi serikat pekerja atau serikat buruh. Setelah terbentuk, tim tripartit ini bekerja dengan durasi waktu yg cukup panjang untuk berdialog sekaligus berdebat pasal per pasal ayat per ayat kalimat per kalimat cluster ketenagakerjaan RUU Ciptaker.

“Dan hasilnya kami publis secara terbuka sebagai wujud transparansi kerja tim. Begitu alotnya perdebatan sampai-sampai ada satu pasal setengah hari tidak selesai dibahas. Ini adalah bukti bahwa tim tripartit bukan sekadar stempel yang serba ‘ok bos’, apalagi hanya sekedar pura-pura,” kata Ristadi dalam pernyartaannya di Jakarta, Minggu (23/8/2020).

Menurutnya, kerja keras dan tenaga serta pikiran yang dicurahkan selama dua minggu sia-sia jika hanya untuk sekedar sebagai stempel. Dengan demikian, Ristadi menganggap tuduhan itu tidak beralasan. Baginya, cluster ketenagakerjaan adalah tarikan kepentingan pengusaha, pekerja dan pemerintah.

BERITA REKOMENDASI