Kloter Pertama Haji Berangkat 17 Juli 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama Mastuki memastikan keberangkatan jamaah haji untuk kloter pertama direncanan pada 17 Juli 2018. Sedangkan tahapan operasional haji tidak terganggu mundurnya penandatanganan Keputusan Presiden tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

"Secara keseluruhan tahapan operasional haji tetap berjalan. Tidak terganggu dengan mundurnya Keppres BPIH. Karena kegiatan lainnya tetap berjalan," kata Mastuki.

Menurut Mastuki dari seluruh rencana perjalanan haji, pemerintah sebagai penyelenggara haji masih memiliki waktu sebelum pelaksanaan ibadah rukun Islam kelima tersebut. "Skema rencana pelunasan sudah kami antisipasi dengan persiapan layanan dan sistem," tambah dia.

Sebelumnya, tahap pertama pelunasan BPIH rencana awalnya akan dibuka pada 3-20 April 2018, sedangkan tahap kedua dibuka 8-19 Mei 2018. Namun, sampai saat ini Keputusan Presiden (Keppres) BPIH belum diterbitkan oleh Sekretariat Negara (Setneg) sehingga jadwal pelunasan BPIH diundur.

Sebelumnya Kasubdit Pendaftaran Haji Kementerian Agama Noer Aliya Fitra (Nafit) mengatakan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1439 Hijriyah/ 2018 Masehi akan dibuka dalam dua tahap. dan ini bisa dilakukan  mulai  awal April.

"Berbeda dengan tahun lalu, pelunasan tahap pertama dikhususkan bagi jamaah yang masuk dalam kuota haji tahun ini yang belum pernah berhaji dan telah berusia 18 tahun atau sudah menikah," kata Nafit. (Ati)

 

 

 

 

 

BERITA REKOMENDASI